Rabu, 20 Maret 2013

Agar cabe tahan kesegaranya selama sepekan

TAK lama membeli cabai, kesegarannya mulai berkurang. Bila Anda pernah mengalaminya, daun pisang bisa menjadi solusi yang patut dicoba.

Anda selalu membungkus cabai dengan kertas koran? Menurut Andrey Moreez, Executive Chef Hotel Ciputra, cara tersebut membuat cabai cepat busuk. Sebagai gantinya, gunakan saja daun pisang.

"Biar cabe tdk mudah rusak dan tahan lama, bungkus dengan daun pisang," katanya saat dihubungi Okezone, Jumat (14/3/2013).

Dengan daun pisang, tambahnya, kelembapan atau kandungan air dalam cabe  bisa terjaga dengan baik. Daun pisang memungkinkan daya tahan cabai mencapai satu pekan.

"Cabai akan bisa bertahan lebih lama, karena daun pisang memiliki sifat susah kering. Bila daun pisang sudah mengering, cabai akan mudah busuk karena tidak ada lagi daya penahannya," tambahnya.

Menurutnya,  Ini berbanding terbalik dengan hawa dingin kulkas yang bersifat mengeringkan bahan makanan yang disimpan di dalamnya.

"Kadar kelembapan cabai akan tetap terlindungi di dalam daun pisang. Daun pisang juga membuat cabai semakin sejuk ketika disimpan di dalam kulkas," bebernya.

Chef Andrey menambahkan, pemakaian daun pisang sebagai pembungkus cabai jauh lebih baik ketimbang kertas. "Kertas menyebabkan cabai jadi kering. Kadar kelembapan pada cabai akan cepat diserap oleh kertas, dan akan cepat rusak bila disimpan dalam waktu lama," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar