Senin, 01 April 2013

Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Bayi

      Disaat bayi yang kita cintai terseang batuk, apalagi batuk berdahak .. maka hal tersebut akan menyebabkan sikecil kesulitan untuk bernafas normal, apalagi ketika sedang tidur. Halini telah dialami oleh bayi kecil kami. 
       Beberapa hari sikecil kami ajak kelluarr rumah hingga seharian, dan ketika pulang kebetulan ada saudara kami yang sedang batuk-batuk, sehingga sikecil tertular batuknya :( 
     Bayi memang rentan dan mudah terkena penyakit dikarenakan sistem imun di tubuhnya belum lengkap. Penyakit yang sering menyerang anak-anak atau bayi antara lain batuk dan pilek.
jika batuk/pilek menyerang bayi/anak kita, jangan panik. beberapa orang tua terkadang sangat panik kalau anakknya kena batuk/pilek.alternatif pertama biasanya mereka akan membawa anaknya ke dokter. padahal di dokter biasanya anak kita hanya diberi obat penurun panas, dan obat batuk/pilek yang terbuat dari bahan kimia.
kasihan ya anak kita :( sedari kecil harus sudah menelan berbagai bahan kimia dari obat-obatan yang kita berikan.
padahal banyak sekali alternatif obat tradisional warisan leluhur (:D). yang relatif lebih aman dan bisa dikatakan tidak ada efek sampingnya.
untuk mengobati batuk berdahaknya silahkan coba :
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, 3 sendok makan madu murni, 5 sendok makan air matang, lalu di tim selama 30 menit. Takaran minum bayi :
  • anak usia 6 bulan – 1 tahun : 2 kali 1/2 sendok teh
  • anak usia 1-3 tahun : 2 kali 1 sendok teh
  • anak usia 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sendok teh
Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas/cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak 3 kali 1 sendok teh per hari.
setelah itu, biarkan agak dingin, dan minumkan ke bayi kita setiap pagi dan sore hari (2x sehari).
rasanya, mmm segar , manis+kecut2 sedikit
 jeruk nipis bisa diganti dengan air perasan kencur yang sudah diparut.
catatan : bisa dibuat banyak sekaligus. biar tahan lama, simpan dalan wadah yang tertutup rapat, lalu taruh dikulkas. kalau mau diminumkan tinggal dipanaskan (wadahnya disiram air panas/air hangat)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar