Minggu, 24 Februari 2013

Mengatasi anak susah makan



Beberapa hari yang lalu ada teman yang bertanya kepada saya tentang tips agar anaknya tidak susah makan, karena kebetulan saya sekarang mengajar di preschool jadi sedikit tahu tips atau bagaimana mensiasati anak yang susah makan agar mau makan. Salah satu murid saya (Clarissa namanya) kebetulan kalau di rumah susah sekali makan dan setelah masuk sekolah dan bertemu dengan teman baru, entah sekarang senang sekali makan. Dan berat badannya bertambah,sontak orang tuanya sangat senang dengan perkembangan anaknya saat ini.
Ini dia ada beberapa tips untuk mengatasi anak yang susah makan:

1.     Variasikan menu makanan. Anak jangan terus menerus diberi menu makanan yang itu-itu saja, misalnya nasi goreng, mie goreng dll. Jika anak tidak mau makan nasi maka variasikan bentuk nasi sendiri,misalnya membentuk nasi serta lauk pauknya dengan bentuk wajah binatang atau apapun yang membuat suasana hati anak menjadi senang. Atau bisa juga mengganti nasi dengan kentang goreng, ayam goreng, nugget sayur,dll.
2.    Bertanya kepada guru. Sekarang preschool sudah merajalela dimana-mana, jadi ketika orang tua melihat kotak nasi anaknya masih penuh dan belum tersentuh sama sekali. Jangan panik, satu-satunya solusi adalah bertanya sama guru. Karena biasanya anak yang tidak mau makan makanannya sendiri biasanya ia makan makanan teman-temannya. Kemungkinan karena anak bosan dengan hidangan dari rumah, dan lebih tertarik dengan makanan teman-temannya.
3.    Membuat suasana nyaman,menarik, dan berselera. Misalnya makan bersama disekolah dengan teman-temannya, usahakan membawa camilan disamping makanan berat misalnya roti, biskuit, atau susu. Jika anak belum mau makan berikan alternatif lain yaitu camilan.
4.    Jangan dipaksa. Ya, jangan sampai kita memaksa anak untuk makan. Karena dengan memaksa maka keinginan anak untuk makan akan semakin sulit.
5.    Jangan biasakan anak makan chiki. Karena jika sudah terbiasa makan chiki ,maka anak akan terus menerus minta chiki. Seperti murid saya yang kebetulan (anak bule) tidak suka makan makanan berat, setiap hari hanya chiki dan chiki. Jika diberi makanan nasi, mi goreng,kentang, pasti hanya di buat mainan.
Ternyata gampang-gampang sulit ya membuat anak agar mau makan layaknya anak-anak yang normal. Ya, itulah sedikit tips dari pengalaman saya berkecipung dengan anak-anak usia 2-3 tahun yang pastinya butuh kesabaran yang extra hehe. Tapi so far , sangat menyenangkan sekali.

1 komentar:

  1. Emang ya, kalo si anak sampe susah makan itu bikin pusing sekaligus khawatir...

    BalasHapus