Jumat, 29 Maret 2013

TIPS MENGHILANGKAN RASA PAHIT PADA DAUN PEPAYA


Dari Garam Hingga Tanah Liat
Daun pepaya biasanya dikonsumsi dalam bentuk urap, lalapan dan juga tumisan. Sebelum diolah menjadi kuliner nikmat dan sehat, daun pepaya diracik sedemikian rupa untuk mengurangi sensasi rasa pahitnya yang bagi beberapa orang bisa mengurangi kelezatan kuliner berbahan utama daun pepaya. Tips mengurangi rasa pahit tersebut cukup beragam, antara lain:
  1. Rebus daun pepaya yang hendak diolah dengan beberapa lembar daun jambu biji. Rebus sampai air mendidih. Kemudian tiriskan. Selanjutnya, bersihkan daun pepaya dengan air matang dan kembali rebus hingga matang sempurna.
  2. Rasa pahit daun pepaya juga bisa diusir dengan menggunakan daun singkong.
  3. Cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya selanjutnya adalah dengan meremas daun pepaya dan direbus dengan air garam hingga layu. Setelah itu cuci dan rebus lagi dengan air bersih sampai matang sempurna kemudian diolah.
  4. Cara lainnya adalah dengan merebus daun pepaya dengan tanah liat atau lempung. Setelah daun layu dan empuk, pisahkan pepaya dan tanah liat. Caranya, cuci dengan air bersih sampai tanah liat benar-benar hilang dari daun pepaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar